Program Kerja

Program Kerja Umum

01Meningkatkan pelaksanaan organisasi sekolah :

  • Struktur organisasi disusun sesuai dengan peraturan baru yang berlaku.
  • Ada pembagian tugas yang jelas dan tegas.
  • Untuk garapan tertentu memiliki pedoman operasional.
  • Semua pelaksanaan tepat dan sesuai dengan system control yang telah ditetapkan

02Meningkatkan kesiapan pelaksanaan kelancaran organisasi :

  • Memiliki arsip dokumen/surat penting dan langsung yang berhubungan langsung dengan pelaksana operasional
  • Setiap pelaksana dapat melaksanakan kegiatan dengan tugas dan fungsinya
  • Memiliki arsip pelaksanaan tugas minimal satu tahun yang lewat. (sebagai acuan tahun berikutnya).

03Menumbuhkan pengertian dalam pelaksanaan ketahanan sekolah, Wawasan Wiyata Mandala :

  • Warga sekolah mengetahui hakekat sekolah sebagai lingkungan pendidikan
  • Warga sekolah mengetahui tugas, dan wewenangnya dalam melaksanakan tugasdan kewajibannya.
  • Setiap personil, terutama staf operasional bidang edukatif berusaha melaksanakan kegiatan sesuai dengan fungsi sekolah sebagai lingkungan pendidikan
  • Semua personil / tenaga edukatif memehami tujuan pendidikan.
  • Semua personil / tenaga edukatif memahami tugasnya.

 

Program Kerja Kurikulum

01Meningkatkan pengembangan kurikulum

  • Membentuk tim kurikulum dan merevisi kurikulum tahun 2011/2012
  • Mere-view, revisi, finalisasi, pemantapan, penilaian keterlaksanaan kurikulum, dan tindak lanjut hasil penilaian
  • Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kurikulum (1 semester 3 kali)

02Meningkatan pengembangan silabus

  • Mengkaji substansi SK/KD pada standart Isi pada kegiatan in house training
  • Melakukan pemetaan Standart Isi untuk analisis SK/KD pada kegiatan In House
  • Melakukan penjabaran SK/KD menjadi indicator, Materi pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Jenis Penilaian kegiatan In House Training

03Meningkatan pengembangan model-model pembelajaran yang inovatif

  • Melaksanakan In House Training model-model pembelajaran yang inovatif sehingga guru mampu merancang berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu yang tersusun dalam RPP (scenario pembelajaran) serta guru mampu menerapkan berbagai model pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu

04Meningkatan prestasi bidang akademik

  • Melaksanakan ekstrakurikuler mata pelajaran utnuk siswa kelas X dan XI (Bahasa Inggris Speaking Class)
  • Melaksanakan bimbingan belajar khusus untuk siswa kelas X dan XI
  • Melaksanakan bimbingan belajar mandiri untuk siswa kelas XII
  • Melaksanakan try out Ujian Nasional, baik yang bersifat mandiri maupun yang bekerjasama dengan instansi terkait
  • Monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kegiatan peningkatan prestasi bidang akademik

05Meningkatkan prestasi bidang non akademik

  • Melaksanakan ekstrakurikuler bidang keagamaan, olahraga, dan seni secara terjadwal
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kegiatan peningkatan prestasi bidang non akademik

06Meningkatkan pengembangan kurikulum muatan local

  • Membentuk tim pengembang kurikulum muatan local
  • Menyusun program dan jadwal kerja tim pengembang, yang memuat kegiatan penyusunan draf, review, revisi, finalisasi, pemantapan, penilaian keterlaksanaan kurikulum muatan local
  • Sosialisasi kurikulum muatan local ke warga sekolah
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi keterlaksanaan kurikulum muatan lokal

07Meningkatkan kemampuan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar :

  • Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu.
  • Guru mengetahui dan melaksanakan berbagai pendataan, metode dan media pendidikan sehingga dapat menumbuhkan interasi belajar mengajar yang baik antar siswa dengan guru.

08Meningkatkan peran Wali Kelas terhadap keberhasilan proses belajar mengajar.

  • Wali Kelas dapat berperan sebagai pengelola kelas dalam arti penyelenggaraan dan pengurusan kelas, penyelenggaraan dan pengumpulan dokumen.

09Meningkatkan peran guru BP/BK atas keberhasilan proses belajar mengajar.

  • Guru BP/BK dapat berperan dalam rangka memberi bantuan terhadap siswa,guru dan orangtua ( terutama bantuan terhadap masalah kualitas belajar ).

10Meningkatkan peranan perpustakaan sekolah dalam keberhasilan KBM.

  • Peranan perpustakaan dapat mendorong siswa untuk menambah pengetahuan dengan cara membaca buku-buku pengetahuan yang tersedia.

 

Program Kerja Ketenagaan

01Usaha mencukupi kebutuhan tenaga.

  • Jumlah tenaga edukatif sampai saat ini terpenuhi
  • Peningkatan pendayagunaan tenaga yang ada.
  • Setiap petugas mengetahui peranan dalam bidang garapannya masing-masing.

Program Kerja Ketatausahaan

01Peningkatan tata kerja.

  • Setiap petugas tahu dan mampu melaksanakan peranannya.

Program Kerja Sarana / Prasarana

01Terwujudnya kelengkapan prasarana dan sarana sesuai dengan ketentuan pada standart sarana prasarana

  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk laboratorium komputer
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk laboratorium IPA
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk laboratorium Kecantikan
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk penambahan laboratorium Boga
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk penambahan laboratorium Busana
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk ruang UKS
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk ruang OSIS
  • Terwujudnya standart sarana prasarana untuk perbaikan alat-alat praktek/maintenance

 

Program Kerja Pembiayaan

01Terlaksananya pengembangan jenis pembiayaan sekolah

  • Terlaksananya penyusunan program kerja biaya investasi, biaya operasional dan biaya personal
  • Terlaksananya penyusunan laporan pertanggung jawaban keuangan secara akuntabel dan transparan

02Terlaksananya peningkatan penyusunan sumber dana pendidikan

  • Terlaksananya penyusunan program kerja Unit Jasa Produksi program studi
  • Terlaksananya sosialiasi program kerja ke orang tua siswa

 

Program Kerja Kesiswaan

01Pengorganisasian.

  • Ada pembagian tugas dan wewenang dalam rangka pembinaan kesiswaan.

02Peningkatan pelaksanaan pembinaan kesiswaan.

  • Pelaksanaannya berdasarkan program kerja yang jelas dan terarah.

03Pelaksanaan kegiatan OSIS.

  • Kegiatan OSIS dilaksanakan sesuai dengan hasil petunjuk pelaksana dan petunjuk teknik yang ada dan diupayakan supaya mendorong keberhasilan belajar siswa.

04Pelaksanaan BP/BK

  • Program BP/BK diharapkan dapat menunjang pelaksanaan pembinaanya kesiswaan.

05Kelompok belajar

  • Kelompok belajar dapat menunjang aktifitas siswa dalam memantapkan kegiatan belajar

06Pengadministrasian pembinaan kedisiplinan melaui indicator kehadiran siswa.

  • Memiliki petugas khusus pengelola pengadministrasian kehadiran siswa.

07Kegiatan ektrakulikuler.

  • Kegiatan ekstrakulikuler dilaksanakan berdasarkan program yang jelas dan terarah serta tidak mengganggu kegiatan belajar.

08Peranan guru dan wali kelas dalam pembinaan kesiswaan.

  • Memiliki program kegiatan pelaksanaan pembinaan kesiswaan.

 

Program Kerja Hubungan dengan Masyarakat

01Menumbuhkan pengertian tanggung jawab pendidikan dikalangan masyarakat.

02Melalui rapat orang tua siswa, dijelaskan tentang program sekolah sehingga masyarakat dasar bahwa pendidikan menjadi milik dan tanggungjawab bersama.

Program Kerja Pengawasan dan Evaluasi.

01Kontinuitas pengawasan / evaluasi. Pengawasan dapat dilaksanakan secara periodic sesuai dengan fungsi dan kepentingannya,garapan tata usaha. Pemantapan hasil pengawasan / evaluasi.Pembinaan dan perbaikan.

Education Link

Album Sekolah

Temukan Kami

Tentang Sekolah Kami

SMK Sritanjung Banyuwangi
Jl. Adi Sucipto No. 26
Banyuwangi - Jatim

Telp. 0333-426750 Fax 0333-426750

Email: info@smksritanjungbwi.sch.id

Website: http://smk-sritanjungbwi.sch.id